Kenali Programmer Beserta Kelebihan Menjadi Programmer

Kenali Programmer Beserta Keuntungan Menjadi Programmer

Apa itu "Programmer"?

Programmer adalah seseorang yang mempunyai pekerjaan menulis dan merancang program-program menggunakan bahasa-bahasa pemrograman komputer. Programmer secara lengkap ialah seseorang yang melakukan penulisan dan pengubahan script atau kode dari sumber sehingga dapat membentuk suatu program. Penyuntingan kode sumber meliputi proses pengetesan, analisis, pembetulan kesalahan, pengoptimasian algoritma, dan normalisasi kode. Profesi ini termasuk profesi yang cukup keren dan membanggakan karena tidak semua orang bisa menjadi seorang programmer.

Apa sih kelebihan menjadi Programemer?

Mengasah Ketelitian
Menjadi seorang programmer berarti Anda dituntut untuk membuat program. Membuat suatu program pasti tidak langsung jadi begitu saja, anda akan mengalami kegagalan seperti salah penulisan syntax. Bahkan programmer hebat pun bisa mengalami kesalahan ketika membuat program. Pada saat itulah Anda dituntut oleh diri Anda sendiri untuk meneliti kesalahan apa yang telah Anda perbuat dalam membuat program. Secara tidak langsung, kemampuan Anda dalam hal ketelitian akan terasah dan lama-kelamaan akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Tidak Gaptek (Gagap Teknologi)

Jika menjadi seorang programmer pasti hampir setiap hari menggunakan PC. Pastinya, Anda suka dengan yang namanya teknologi. Sementara itu, seiring berjalannya waktu teknologi pasti akan terus berkembang. Seorang programmer pasti cepat mengetahui informasi perkembangan teknologi sebelum orang awam yang mengetahuinya.
Selain itu, pada bahasa pemrograman juga semakin lama semakin diperbaharui dan dikembangkan oleh sang developernya sehingga mengalami perubahan struktur (syntax) pada bahasa pemrogramannya. Hal itu membuat programmer mau tak mau akan selalu mengikuti perkembangan di bidang IT.

Logika yang Baik

Pada dasarnya, pekerjaan yang dilakukan oleh programmer itu mengasah logika. Menjadi programmer itu dibutuhkan kemampuan logika yang baik. Karena sangat diperlukan logika yang kuat untuk menyelesaikan masalah. Programmer itu harus bisa menjadi problem solver atau pemecah masalah. Umumnya, dalam memecahkan masalah, seseorang menggunakan logika. Hal itu sama dengan programmer, membutuhkan logika agar bisa memahami alur dan logaritma dari penulisan sintaks bahasa pemrograman (coding).

Terlihat Keren 

Sebenarnya ini bukan sepenuhnya keuntungan menjadi seorang progammer. Tetapi, banyak orang yang ingin menjadi seorang programmer karena kelebihan yang satu ini. Banyak orang yang ingin terlihat keren ketika menjadi seorang programmmer. Banyak yang ingin menjadi seorang programmer karena menurut mereka, menjadi seorang programmer dinilai memiliki banyak keuntungan.

Terlihat Jago dalam Bidang Komputer

Banyak orang awam yang jika sudah mendengar kata programmer, dia pasti beranggapan bahwa seorang programmer itu memiliki kemampuan tak terbatas dalam bidang komputer dan teknologi. Banyak juga orang awam yang meminta tolong kepada seorang programmer untuk membetulkan perangkatnya yang rusak. Sebetulnya, seorang programmer itu tidak sepenuhnya ahli dalam dunia komputer. Memang pekerjaannya selalu berhubungan dengan komputer. Namun, bukan berarti dia menjadi pakar dalam bidang komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembentukan Tim Kerja

Colonel Sanders : Pendiri Restoran Terkenal "KFC"

Pendelegasian Tugas dan Tanggung Jawab