Kebutuhan Pelanggan

KEBUTUHAN PELANGGAN

Memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. Kita dapat membedakan lima jenis kebutuhan :
  • Kebutuhan yang diutarakan (pelanggan menginginkan sebuah mobil yang tidak mahal).
  • Kebutuhan nyata (pelanggan menginginkan sebuah mobil dengan biaya operasi yang rendah, bukannya harga beli yang murah).
  • Kebutuhan yang tidak diutarakan (pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik dari penyalur).
  • Kebutuhan kegembiraan/delight (pelanggan membeli mobil dan mendapatkan hadiah peta jalan dalam suatu negara).
  • Kebutuhan rahasia (pelanggan ingin dipandang teman-temannya sebagai konsumen cerdas berorientasi nilai). (BELAJAR, 2014).
Pelanggan adalah orang atau instansi atau lembaga yang melakukan pembelian produk baik barang maupun jasa secara berulang – ulang. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas. (wikipedia, 2016)

Macam – macam pelanggan :
  1. Pelanggan dari segi banyaknya.
  2. Pelanggan dari segi usia.
  3. Pelanggan dari segi jenis kelamin.
  4. Pelanggan dari segi tingkat pendapatan.
  5. Pelanggan dari segi pendidikan.
  6. Pelanggan dari segi waktu pembelian.
  7. Pelanggan dari segi alur penjualan.
  8. Pelanggan dari segi geografis.
  9. Pelanggan dari segi agama.

PANGSA PASAR PROYEK

Pangsa pasar adalah (market segment) bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti dari tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan juga status sosial. Market share ialah bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, biasanya dinyatakan dalam persentase. Atau Pangsa pasar (market share) adalah persentase total dari penjualan suatu perusahaan (dari seluruh sumber) dengan total penjualan jasa ataupun produk dalam industri. (N, 2015).

Pada umumnya analisis pasar meliputi: Deskripsi pasar antara lain daerah atau luas pasar, saluran distribusi dan praktek perdagangan setempat. Analisis permintaan masa lalu dan masa sekarang termasuk besarnya jumlah dan nilai konsumsi barang/jasa yang bersangkutan serta identifikasi konsumen barang/jasa. Analisis penawaran barang/jasa pada masa lalu dan masa sekarang (baik dari impor maupun produksi lokal) juga termasuk informasi mengenai keadaan persaingan, harga penjualan yang terjadi, kualitas dan strategi pemasaran para pesaing. (MudaAktif, 2012)

FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL

Lingkungan eksternal atau lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain.
Lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan (Chuck Williams, 2001:51).
Lingkungan eksternal terdiri dari unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer (T.Hani Handoko, 1999:62).
Lingkungan eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berada di luar suatu organisasi, yang relevan pada kegiatan organisasi itu (James A.F. Stoner,1996:66) (Oktari, 2011)

Lingkungan eksternal juga dapat dibagi menjadi dua unsur, antara lain:

  • Menurut James A.F. Stoner:
  1. Unsur-unsur tindakan langsung (direct action).
  2. Unsur-unsur tindakan tak langsung (indirect action).
  • Menurut T. Hani Handoko:
  1. Lingkungan ekstern mikro.
  2. Lingkungan ekstern makro.
  • Menurut Chuck Williams:
  1. Lingkungan khusus.
  2. Lingkungan umum.
  3. Lingkungan yang berubah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembentukan Tim Kerja

Colonel Sanders : Pendiri Restoran Terkenal "KFC"

Pendelegasian Tugas dan Tanggung Jawab